Pengertian Sistem Pembelajaran
Inkuiri.
Sistem Pembelajaran Inkuiri :
rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara
kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah
yang dipertanyakan.
Strategi pembelajaran ini menekankan
kepada proses mencari dan menemukan. Meteri pelajaran tidak diberikan secara
langsung. Peran siswa dalam strategi ini adalah mencari dan menemukan sendiri
materi pelajaran, sedangkan guru berprran sebagai fasilitator dan pembimbing
siswa untuk belajar.
Konsep Dasar Sistem
Pembelajaran Inkuiri.
menekankan pada aktivitas siswa
secara maksimal untuk mencari dan menemukan artinya strategi inkuiri
menempatkan siswa sebagai subjek belajar (siswa: subjek).
seluruh aktivitas yang dilakukan
siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri sehingga muncul
sikap percaya diri (self belief), menempatkan guru sebagai fasilitator bukan
sumber belajar.
tujuannya: mengembangkan kemampuan
berpikir secara sistematis, logis, dan kritis (mengembangkan kemampuan
intelektual sebagai bagian dari proses mental).
Teruuuuus ?
Teruuuuus ?
Strategi pembelajaran inkuiri akan
efektif jika:
Guru mengharapkan siswa dapat
menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang ingin dipecahkan. Dengan
demikian dalam strategi inkuiri penguasaan materi pelajaran bukan sebagai
tujuan utama pembelajaran, akan tetapi yang lebih dipentingkan adalah proses
belajar.
Jika bahan pelajaran yang akan
diajarkan tidak berbentuk fakta atau konsep yang sudah jadi, akan tetapi sebuah
kesimpulan yang perlu pembuktian.
Jika proses pembelajaran berangkat
dari rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu.
Jika guru akan mengajar pada
sekelompok siswa yang rata – rata memiliki kemauan dan kemampuan berpikir.
Strategi inkuiri akan kurang berhasil diterapkan kepada siswa yang kurang
memiliki kemampuan untuk berpikir.
Jika jumlah siswa yang belajar tak
terlalu banyak sehingga bisa dikendalikan guru.
Jika guru memiliki waktu yang cukup
untuk menggunakan pendekatan berpusat pada siswa.
Prinsip – prinsip Penggunaan Sistem
Pembelajaran Inkuiri.
Berorientasi pada pengembangan
intelektual: pengembangan kemampuan berpikir, aktivitas siswa mencari dan
menemukan sesuatu
Prinsip interaksi: proses
pembelajaran pada dasarnya merupakan proses interaksi, guru merupakan pengatur
interaksi
Prinsip bertanya: sesuai dengan
peran guru dalam pembelajaran inkuiri adalah sebagai penanya, sehingga guru
harus menguasai teknik bertanya yang baik
Prinsip belajar untuk berpikir:
belajar adalah proses berpikir (learning how to think), mengembangkan potensi
otak
Prinsip keterbukaan: belajar
merupakan proses mencoba berbagai kemungkinan, guru memberi kesempatan siswa
untuk mengembangkan hipotesis dan secara terbuku membuktikan kebenaran hipotesis
Langkah Pelaksanaan Sistem
Pembelajaran Inkuiri.
* Orientasi
Guru mengkondisikan siswa siap
belajar dengan merangsang dan mengajak siswa untuk memecahkan masalah. Hal-hal
yang perlu diperhatikan: (a).menjelaskan topik tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan
akan dicapai siswa; (b). menjelaskan pokok-pokok kegiatan (langkah2 inkuiri)
yang harus dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan; (c). menjelaskan
pentingnya topik dan kegiatan belajar.
Merumuskan masalah
Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam merumuskan masalah: (a). Dirumuskan sendiri oleh siswa, guru hanya
memberi topik; (b). Masalah yang dikaji mengandung teka-teki yang
jawabannya pasti; (c). Konsep dalam masalah merupakan konsep yang sudah
diketahui sebelumnya oleh siswa
* Mengajukan hipotesis
Dilakukan dengan memberikan berbagai
pertanyaan yang akan mendorong siswa untuk membuat kesimpulan sementara
Mengumpulkan data
Aktivitas menjaring informasi yang
digunakan untuk menguji hipotesis, tugas guru memberi pertanyaan2 yang dapat
mendorong siswa untuk berpikir mencari informasi yang dibutuhkan
* Menguji hipotesis
Menentukan jawaban yang dianggap
dapat diterima sesuai dengan data/informasi yang diperoleh, menguji hipotesis
berarti mengembangkan kemampuan berpikir rasional
* Merumuskan kesimpulan
Adalah proses mendeskripsikan temuan
yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis.
Kesulitan – kesulitan Penerapan
Sistem Pembelajaran Inkuiri.
SPI merupakan strategi pembelajaran
yang menekankan kepada proses berpikir yang Pbersandarkan kepada dua sayap yang
sama pentingnya yaitu : proses belajar dan hasil belajar.
Sejak lama tertanam dalam budaya
belajar siswa bahwa belajar pada dasarnya adalah menerima materi pelajaran dari
guru, dengan demikian bagi mereka guru adalah sumber belajar yang utama.
Sistem pendidikan yang belum
konsisten antara pola belajar (harus student centered) dan evaluasi (masih ada
UAN).
Keunggulan dan Kelemahan
Sistem Pembelajaran Inkuiri
Keunggulan inkuiri:
SPI merupakan strategi pembelajaran
yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor
secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih
bermakna.
SPI dapat memberikan ruang kepada
siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka.
SPI merupakan strategi yang dianggap
sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar
adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.
Strategi pembelajaran ini dapat
melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata – rata.
Kelemahan inkuiri:
Jika SPI digunakan sebagai strategi
pembelajaran, maka akan selit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.
Strategi ini sulit dalam
merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam
belajar.
Kadang – kadang dalam mengimplementasikannya,
memerlukan waktu yang panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan
waktu yang telah ditentukan.
Selama kriteria keberhasilan belajar
ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka SPI akan sukit
diimplementasikan oleh setiap guru.
Sumber : http://bahanbelajar-pgsd.blogspot.com/2013/06/sistem-pembelajaran-inkuiri.html





0 komentar:
Posting Komentar
wanna give your precious comment? :)